Pages

Rabu, 13 Juli 2011

SANITASI INDUSTRI


Sanitasi dapat diartikan sebagai suatu upaya yang dilakukan untuk menjaga kebersihan demi menjaga kesehatan pekerja dan masyarakat di sekitar industri tersebut. sanitasi lingkungan industry dapat dilakukan dengan :
1.   
M  Menjaga simpanan air
Dalam industri terdapat 2 macam air menurut fungsinya, yaitu air untuk minum dan air untuk proses prduksi oleh karena itu dibutuhkan tempat penyimpanan yang berbeda untuk menjaga kualitas air sesuai dengan fungsinya itu.
2.   
 en  Menyediakan tempat pembuangan kotoran dan sampah
Untuk sampah non-B3 bisa dibuang ke tempat pembuangan sampah seperti kebanyakan sampah biasa, namun untuk sampah yang bersifat b3 perlu diolah terlebih dahulu sebelum akhirnya dibuang ke tempat pembuangan sampah akhir.
3.     
M   Menjaga kebersihan makanan
Segala bentuk makanan baik itu masih berupa bahan mentah sampai bahan jadi dari rodent (tikus) dan berbagai macam vektor penyebab penyakit, misal lalat, kecoa,dll.
4.     
M   Mencegah dan membasami vektor penyakit
Ini berhubungan erat dengan poin sebelumnya, yaitu menjaga kebersihan makanan. Untuk mencegah dan membasmi vector penyakit dapat dilakukan dengan upaya rajin-rajin membersihkan tempat kerja, menutup tempat-tempat genangan air, menyemprot nyamuk, dan mengontrol upaya-upaya pembersihan ini agar tetap berjalan optimal.
5.     
M   Menyediakan fasilitas sanitasi
Seperti tempat sampah, tempat cuci tangan dan sabunnya, tempat mandi, WC, menyediakan AC, dll.
6.     
K   Ketatarumahtanggaan
Dengan 5R yaitu Ringkas (memilah), Rapi (menata), Resik (membersihkan), Rawat (memantapkan) dan Rajin (membiasakan)

LUSI P. R.

0 komentar:

Posting Komentar